Cara Reset Laptop Asus Terbaru

2 min read

Cara Reset Laptop Asus

 – Mengapa harus belajar cara reset laptop Asus? Alasannya sebenarnya simpel. Untuk laptop tua yang sudah sering digunakan, penurunan performa pasti terjadi. Performa yang turun ini bisa akibat sistem yang makin terbebani ataupun masalah malware.

Dalam menghadapi masalah ini, banyak orang pasti memilih install ulang. Memang install ulang sudah umum diketahui mampu mengembalikan performa laptop Asus seperti semula. Tapi di sisi lain, Anda akan kehilangan banyak file yang disimpan.

Jika menggunakan cara hard reset laptop Asus, Anda tidak perlu sampai install ulang. Windows 10 menyediakan opsi layanan ini untuk mempermudah proses pengembalian laptop agar lebih nyaman digunakan lagi.

Berikut ini Cara Reset Laptop Asus

Lalu bagaimana cara reset laptop asus? Untuk mengetahui detail caranya, simak langkah-langkahnya berikut ini :

Langkah – Langkah Cara Reset Laptop Asus

  1. Langkah pertama, Anda harus masuk ke Start Menu. Kemudian pada kolom menu tersebut, keting “Reset PC”. Anda akan mendapatkan pilihan reset laptop dan muncul menu baru. Silahkan klik menu reset tersebut untuk menerapkan proses hard reset laptop Asus Anda.

  2. Setelah itu, cari pilihan “Get Started” yang berada pada menu. Pilihan ini Akan membawa Anda ke men baru untuk memilih mode reset. Mode reset pertama akan menghapus semua file pada komputer. Sedangkan pilihan kedua mempertahankan data – data.

  3. Pilihan ini disesuaikan dengan kebutuhan Anda. Jika masalah lambat laptop Anda karena malware ataupun virus, lebih baik hapus semua data. Tapi jika melompat karena tumpukan sampah pada sistem, lebih baik pilih yang pertahankan data. Pilih “Remove Everything” untuk hapus semua data. Sedangkan untuk pertahankan data, pilih “Keep My Files”.

  4. Setelah memilih mode, coba pilih opsi “Local Reinstall”. Pilihan ini adalah opsi yang diberikan Windows 10 untuk mensimulasi install ulang tapi tanpa butuh source Windows 10 baru. Jadi Anda tidak keluar beli Windows lagi hanya untuk install ulang.

  5. Untuk setting hard reset laptop Asus yang lebih advance, coba masuk ke pengaturan sebelum melakukan proses reset. Masuk pada opsi “Change Setting” pada menu setelahnya. Pada menu ini, pilih kebutuhan Anda untuk built in app.

    Jika ingin pertahankan program bawaan Windows 10, pastikan pilih opsi “Restore Apps and Setting Which Came With This PC” sebelum memilih Yes. Berikutnya klik konfirmasi pada setting untuk melanjutkan prosesnya.

  6. Pada menu selanjutnya pilih “Next”. Untuk pastikan, Anda bisa akses “View Apps That Will be Removed” untuk melihat aplikasi apa saja yang nantinya akan hilang setelah proses hard reset dilakukan. Setelah merasa benar, lanjutkan kembali proses hard reset laptop Asus Anda.

  7. Sebagai langkah akhir proses reset, Anda pilih “Reset”. Proses akan berjalan selanjutnya dan komputer akan masuk restart. Proses ini akan lebih lama dibandingkan proses restart biasa. Jadi sabar dan jangan matikan komputer ini sampai kembali menyala secara normal.

  8. Setelah restart berjalan, Anda akan masuk menu baru lagi seperti saat menyalakan laptop Asus baru. Pastikan cek benar komputer Anda setelah itu. Jika laptop terasa makin cepat digunakan, artinya masalah yang terjadi sebelumnya sudah hilang.

  9. Selesai

    Mudah Bukan?

Berbagai Manfaat Rutin Reset Laptop Asus

Hard reset untuk laptop Asus memiliki banyak manfaat jika dilakukan rutin. Banyak orang menggunakan teknik ini hanya karena tidak mau install ulang. Padahal melakukan reset rutin untuk memastikan sistem sehat bisa memberi manfaat baik. Berikut adalah manfaat tersebut:

  • Memastikan sistem selalu seperti laptop baru.

  • Membuat sistem membersihkan diri dari berbagai hal yang membuat lambat. Biasanya hal ini berhubungan dengan registry dan data sistem lama yang tidak terhapus penuh.

  • Membuat virus dan malware tidak bisa berkembang. Jika laptop sering hard reset, virus akan sulit infeksi sistem karena data selalu kembali ke factory setting. Malware juga bisa hilang dengan cara ini.

  • Mengurangi masalah crash dan blue screen.

Sekarang Anda sudah tahu cara melakukan hard reset untuk laptop Asus Anda. Karena caranya mudah dan bisa dilakukan sendiri, pastikan melakukan hal ini secara rutin untuk mengurangi resiko laptop menjadi lamban dan bermasalah. Paling tidak lakukan hard reset 1 tahun sekali untuk laptop Anda.

Semoga bahasan cara reset laptop Asus di atas berguna bagi Anda sekalian. Terima kasih sudah baca artikelnya!

Terima Kasih dan Selamat Mencoba

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.